logo pokemon go

Pasar Sahan Nintendo Melonjak Berkat Game Pokemon Go

logo pokemon go

Permainan Pokemon Go menuai keberhasilan yang memberikan pengaruh besar terhadap saham perusahaan penerbitnya yakni Nintendo. Banyak investor saham yang tertarik untuk membeli saham milik Nintendo karna kesuksesan game ini.

Permainan ini sudah hadir di 35 negara yang sebagian besar merupakan negara di Benua Eropa. Walaupun belum rilis secara global, tetapi penghasilan yang didapatkan Nintendo dari game ini mencapai miliaran rupiah hanya dalam semalam.

Pokemon Go Mendapat Keuntungan Miliaran Dalam Semalam

gambar uang dolar

Di dalam pembuatan game ini, sang creator mendapatkan dana US$25 juta atau sekitar 327 miiliar kalau di konversikan ke mata uang rupiah.

Dana pembuatan game yang cukup besar membuahkan hasil yang diluar dugaan. Pada hari pertama perilisan game ini (6 Juli 2016), saham Nintendo semakin meroket naik dan mendapatkan keuntungan lebih dari US$2 juta atau sekitar 26 miliar dalam mata uang rupiah hanya dalam semalam.

Untuk saat ini, game ini belum rilis secara global. Jika sudah rilis secara global, ada kemungkinan penghasilan Nintendo akan lebih bear lagi dari angka saat ini.

Saham Nintendo Meningkat Pesat

diagram

Dengan penghasilan yang tinggi dalam semalam, banyak investor yang  tertarik ingin memiliki saham di Nintendo. Hal ini membuat saham Nintendo naik sampai 14.4 persen pada selasa lalu menjadi 31.770 yen. Angka saham ini lebih besar dari jumlh saham Netflix yang hanya pada angka 42,32 miliar.

Di Samping Suksesnya Pokemon Go

Jika Anda belum mengenal siapa dibalik suksesnya permainan yang sedang fenomenal ini, Anda wajib membaca ini.

Game ini dibuat oleh pria kelahiran San Fransisko, Amerika Serikat bernama John Hanke. Ia memulai karirnya pada tahun 1996 saat masih duduk di bangku kuliah.
Saat masih berstatus sebagai mahasiswa, pria ini sudah mulai membuat game. Game pertama yang ia buat saat itu adalah Meridian 59 yang ia jual kepada perusahaan 3DO karna ingin fokus membuat game selanjutnya.

Lalu ia kembali membuat game bernama Keyhole dengan konsep AR. Permainan ini ia buat dengan menggabungkan konsep pemetaan dunia dari udara secara 3D. Jika kalian tahu Google Earth, itu merupkan cikal bakal dari permainan ini, Google melirik permainan tersebut dan merubah karyanya menjadi sebuah peta online pertama di dunia pada tahun 2005 lalu.

Hanke bekerjasama dengan Google Geo untuk menciptakan Google Maps dan Google Street View dari hasil pengembangan Google Earth hingga tahun 2010.

Lalu pada 2015 ia mengembangkan permainan Pokemon Go. Tentunya Hanke tidak membuat game ini sendirian, ia dibantu oleh 40 orang tim di dalamnya untuk mengembangkan permainan ini sejak Desember 2015 sampai akhirnya rilis beta tester pada Februari 2016 lalu dan rilis ke publik pada 6 Juli lalu.

Meskipun game ini baru saja rilis dan hanya dirilis di beberapa negara, tetapi permainan ini sudah mengalahkan game yang sedang populer saat ini yakni Clash Of Clans.

Dibaliknya sebuah kesuksesan tentunya ada perjuangan. Melihat perjuangan Hanke yang tiada hentinya terus membuat inovasi baru, terlahirlah permainan yang sekarang menjadi trending topik di kalangan masyarakat sipil maupun para pejabat negara.