bangkrut

Kesalahan Fatal Saat Memulai Bisnis

Banyak yang beranggapan kalau ingin menjadi orang sukses merupakan hal yang sulit. Sebenarnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, menjadi sukses tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan memiliki dedikasi yang tinggi, kesabaran, dan fokus.
Kebanyakan orang yang sulit mendapatkan kesuksesan karena mereka melakukan hal-hal kesalahan fatal saat memulai bisnis. Apa saja hal yang fatal terebut? Yuk kita batas di bawah ini.

  • Menghabiskan uang yang dimiliki

pemborosan

Kesalahan ini merupakan kesalahan yang paling fatal dan paling banyak dilakukan seseorang pengusaha yang gagal. Kebanyakan orang yang baru memulai bisnis sudah menghabiskan uang yang mereka hasilkan untuk kepentingan pribadi seperti membeli rumah mewah dan yang lainnya.

  • Untuk mengembangkan bisnis, tindakan seperti itu harus ditinggalkan jauh-jauh. Anda harus berusaha untuk memiliki gaya hidup yang lebih rendah. Contohnya saja yang dilakukan Warren Buffet yang masih tinggal di rumah orangtuanya.

    Terlalu banyak pakai kartu kredit

Kartu kredit memang sangat berguna untuk modal usaha atau investasi bisnis. Tetapi, Anda jangan terlalu banyak menggunakan kartu kredit. Dengan terlalu banyak menggunakan kartu kredit, Anda bukannya berinvestasi dengan bijak atau menambah modal bisnis, justru Anda akan pusing di dalam tagihan biaya pinjaman dari kartu kredit tersebut.

  • Tidak percaya diri

tidak percaya diri

Jika Anda tidak percaya dengan diri Anda sendiri, bagaimana calon konsumen Anda bisa mempercayai bisnis Anda? Anda harus membuang rasa ketidak percayaan diri tersebut jika Anda ingin bisnis yang Anda kelola bisa sukses.

Anda harus mandiri, tidak perlu menunggu motivasi dari orang-orang sukses di sekitar Anda, tetapi Anda harus pede untuk memulai bisnis yang ingin Anda kelola.

  • Berekspetasi terlalu tinggi

Ini masih ada sangkut pautnya dengan percaya diri. Anda memang harus percaya diri, tetapi jangan terlalu berlebihan memimpikan kesuksesan yang ujung-ujungnya ekspetasi Anda tidak sesuai dengan yang Anda dapatkan.

Anda harus bayangkan dulu bagaimana bisnis yang akan Anda kelola berkembang. Sebagai contoh, Anda harus sesuaikan dengan penghasilan bersih perusahaan perbulan. Tinjau segala penghasilan apakah ada pengurangan atau tidak. Jika ada pengurangan, lakukan pemeriksaan hal apa yang membuat penghasilan Anda menjadi menurun.

  • Melakukan bisnis sendirian

Manusia diciptakan sebagai mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Anda tidak mungkin bisa memulai bisnis Anda sendirian. Anda perlu memperkerjakan orang-orang yang berbakat untuk bisa meningkatkan kekuatan bisnis dan menutupi kekurangan yang Anda miliki.

kerja sama

Atau mungkin Anda bisa melakukan kerjasama antar pengusaha untuk memudahkan usaha yang Anda kelola. Contohnya saja usaha pecel lele yang bekerja sama dengan pengusaha ternak ikan lele. Mereka akan saling menguntungkan karna sang pengusaha pecel lele akan mendapatkan pemasok ikan yang harganya murah dan pengusaha ikan lele akan mendapatkan pelanggan tetap sehingga ia bisa memasarkan ikan yang ia ternak dengan mudah.

Bisnis yang Anda akan kelola akan sukses jika Anda menghindari segala hal yang disebutkan di atas. Sesungguhnya, orang yang menganggap kalau ingin menjadi pengusaha sukses itu sulit hanyalah orang yang tidak mengerti bagaimana memulai bisnis yang mereka kelola tersebut.